Webinar Series #4 : MoU Jurnal Musikolastika & AP2SENI Momentum Menuju Akreditasi Sinta

Musikolastika : Jurnal Pertunjukan dan Pendidikan Musik Prodi pendidikan Musik Fakultas Bahasa & Seni Universitas Negeri Padang melaksanakan rangkaian Webinar Series ke 4 menghadirkan Yoris Adi Maretta, M.Pd  selaku Ketua Relawan Jurnal Indonesia Jawa Tengah. Dalam kegiatan yang bertajuk “Kiat pengelola Jurnal Menuju Akreditasi Sinta”, dihadiri langsung oleh Koordinator Prodi Pendidikan Musik Irdhan Epria Darma Putra, M.Pd dengan diikuti oleh pengelola Jurnal Musikolastika.

Webinar yang diselenggarakan pada Senin, 16 November 2020 adalah sebagai kegiatan ke 4 sekaligus menjadi penutup dalam rangkaian webinar yang dilakukan Musikolastika atas Hibah Jurnal yang berhasil diraih oleh Jurnal Musikolastika dari beberapa Jurnal yang ada di lingkungan UNP pada tahun 2020.

Kehadiran pembicara dari RJI (Relawan Jurnal Indonesia) Jawa Tengah dalam kegiatan yang diselenggarakan Musikolastika tersebut merupakan suasana baru, karena dalam kegiatan tersebut  sekaligus secara resmi telah ditanda tanganinya dokumen kerja sama antara Jurnal Musikolastika dan Asosiasi Prodi Pendidikan Sendratasik (Ap2SENI) tentang pemanfaat Jurnal Musikolastika untuk Peningkatan Publikasi Akademisi dan Praktisi Seni Dalam lingkup Asosiasi Prodi Pendidikan Sendratasik lndonesia. Dalam perjanjian kerjasama ini hanya memuat tentang pengelolaan dan penerbitan pada Jurnal Musikolastika: Jurnal Pertunjukan dan Pendidikan Musik, termasuk penjaringan artikel dari anggota AP2SENI dan penjaringan pengkaji dari anggota AP2SENI guna mereview artikel pada Laman Jumal Musikolastika, yaitu musikolastika.ppj.unp.ac.id.

Selain hal tersebut diatas pendampingan kali ini  fokus pada perbaikan konten/substansi jurnal agar dapat meningkat ke level nasional terkareditasi atau Sinta. Yoris Adi Maretta, M.Pd juga menjelaskan dan membimbing poin-poin penting yang harus diperhatikan dalam mengelola e-Jurnal mulai tahap submission, editor assigment, reviewing, editing, hingga publishing. Pada materi terakhir Yoris Adi Maretta, M.Pd membimbing simulasi penilaian akreditasi untuk mengetahui nilai yang dicapai.

Fajry Subh’aan Syah Sinaga, M.A selaku chief in editor Musikolastika lebih jelas mengatakan disela-sela kegiatan berlangsung  bahwa “kita bisa mengisi evaluasi diri dengan skore 51 , mudah2an bisa semakin bertambah dan mendapatkan hasil Sinta 4. Pembenahan website juga sudah dilakukan untuk persyaratan Directory of Open Access Journals (DOAJ) dan sudah mensubmit untuk indeksasi DOAJ. saat ini musikolastika sudah terindeks internasional kelas menengah yaitu dimensions, perubahan bahasa indonesia ke bahasa inggris juga dilakukan untuk persiapan menuju jurnal internasional ke depannya. kemudian Fajry menambahkan harapannya , musikolastika bisa menjadi wadah para akademisi musik untuk terus mengembangkan ilmu pengetahuan dan isu-isu ilmiah khususnya bidang pertunjukan dan pendidikan musik dengan pembahasan yang faktual.

Koordinator Program Studi Pendidikan Musik Irdhan Epria Darma Putra, M.Pd dipenghujung kegiatan juga turut mengucapkan syukur atas kerjasama yang telah terjalin antara Jurnal Musikolastika dan AP2SENI, lebih lanjut Irdhan mengatakan Alhamdulillah kerjasama antara musikolastika dengan AP2Seni semakin memantapkan eksistensi dan kiprah Musikolastika bagi para akdemisi seni. Harapannya dengan kerja sama ini, dapat menambah editor , reviewer hingga artikel yang bisa diterbitkan oleh Musikolastika.

Komentar disini

You may also like...

Leave a Reply