Prodi Pendidikan Musik FBS UNP Raih Akreditasi B

Program Studi (Prodi) Pendidikan Musik Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas  Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat berhasil mendapatkan akreditasi B. Akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Akreditasi tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) BAN-PT Nomor: No. 7268/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2020 Tentang Peringkat Akreditasi Program Studi Pendidikan Musik pada Program Sarjana UNP. Surat ditandatangani Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT, T Basaruddin.

Dalam proses akreditasi ini, Prodi Pendidikan Musik harus melengkapi sejumlah berkas yang diminta oleh asesor BAN-PT yakni, Mulyanto, Prof. Dr. M.Pd dari Universitas Sebelas Maret (UNS)  Solo dan Tuti Tarwiyah Adi Sam, Dr.Dra. M.Si dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Jakarta .

Kepala Prodi (Kaprodi) Pendidikan Musik, Irdhan Epria Darma Putra, M.Pd mengatakan, persiapan telah dilakukan sejak 2018 karena akreditasi akan diajukan pada 2019. Namun, pengajuan akreditasi terpaksa diundur dan baru dilakukan pada 2020.

“Selama proses akreditasi ada pendampingan oleh SPMI Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) UNP . Serta dilbantu juga oleh tingkat fakultas yakni Gugus Penjaminan Mutu (GPM) dan UPM Unit Penjamin Mutu pada level program studi,” ujar Irdhan Jumat (13/11).

Irdhan  menyebutkan, ada sejumlah indikator penilaian dalam proses akreditasi. Indikator tersebut antara lain, visi-misi, tujuan dan strategi pencapaian tujuan, tata pamong, kepemimpinan, pengelolaan, jaminan mutu, mahasiswa dan lulusan, Sumber Daya Manusia (SDM), kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, pembiayaan, sarana dan prasarana (sarpras), sistem informasi, penelitian, pelayanan/ pengabdian kepada masyarakat, dan kerja sama.

Irdhan mengaku bersyukur atas akreditasi B yang diraih Prodi yang dia pimpin. Dia berharap akreditasi B ini dapat memacu semangat dan komitmen dosen dan tenaga kependidikan di Prodi Pendidikan Musik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Komentar disini

You may also like...

Leave a Reply