Digitalisasi Pembelajaran Musik di Sekolah Gunakan Ableton Live

Di tengah era globalisasi dan perkembangan teknologi yang cepat, menjaga identitas bangsa menjadi tantangan yang semakin komplek. Banyak hal yang harus diperkuat pemerintah dalam dunia pendidikan, salah satunya pembentukan karakter generasi bangsa. Pembentukan tersebut dapat dimulai dari pendidikan formal. Peran guru dalam pendidikan formal sangat penting dan beragam. Guru bukan hanya pemberi pengetahuan, tetapi juga memiliki peran yang mendalam dalam membentuk perkembangan akademis, sosial, emosional, dan karakter siswa. Untuk mendorong hal tersebut, pemerintah membuat program P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dalam kurikulum merdeka. Program ini menuntut agar guru menjadi fasilitator di sekolah sehingga harus menyediakan sumber belajar yang inovatif.  sumber belajar, termasuk buku, materi online, video, dan sumber daya lainnya. Mereka membantu siswa mengakses informasi yang relevan dengan topik yang sedang dipelajari. Hal ini tentu menuntut guru harus cakap teknologi agar dapat membuat pembelajaran aktif, kreatif dan inovatif di kelas.

Melihat hal tersebut, Robby Ferdian, S.Sn., M.Sn (Prodi Musik) selaku ketua kelompok Pengabdian Program Kemitraan Masyarakat (PKM), berinisiatif mengadakan workshop berbasis teknologi. Tema yang diangkat yaitu “Pelatihan Penggunaan Ableton Live untuk Pembelajaran dan Produksi Musik sebagai Optimalisasi Program P5”. Dalam hal ini juga menggandeng anggota dari Departemen Sendratasik yaitu Hengki Armez Hidayat, S.Sn., M.Sn. dan Ayuthia Mayang Sari, S.Pd., M.Sn. Ketua pengabdian menjalin kerja sama dengan SMA DEK Kota Padang. Kegiatan Pengabdian Program Kemitraan Masyarakat (PKM) tersebut dilaksanakan pada hari Jum’at, 25 Agustus 2023 di Yayasan DEK Kota Padang dan diikuti oleh guru-guru SMA DEK, siswa, serta beberapa perwakilan guru seni budaya Kota Padang.

“Ableton Live adalah perangkat lunak produksi musik yang sangat populer dan banyak digunakan di kalangan musisi, produser musik, DJ, dan bahkan dalam lingkungan pendidikan. Penggunaan Ableton Live dalam pembelajaran di sekolah dapat membawa banyak manfaat positif bagi siswa. Ini dapat merangsang kreativitas, mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran, dan membantu siswa mengembangkan keterampilan yang relevan untuk dunia modern” ujar Robby Ferdian, S.Sn., M.Sn.

Peserta juga merasakan kemudahan dalam proses pembelajaran jika menggunakan ableton live, terlihat dari respon salah seorang peserta “Pelatihan ini sangat membantu kami dalam proses pembelajaran nantinya. Kami dapat membuat media pembelajaran berbasis teknologi agar peserta didik dapat terangsang sehingga menimbulkan semangat belajar yang tinggi”.(AMS & RF)

Komentar disini

You may also like...

Leave a Reply