DISKRESI LATEN : Wadah Meningkatkan kemampuan dalam bermain Instrumen String

Padang (23/6) di depan ruang Studio Lantai 5 Gedung Baru Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang, DISKRESI telah menyelesaikan pertemuan terakhir dari rangkaian kegiatan rutin mingguan  dalam semester januari-Juni 2022, Kegiatan Latihan ini telah dimulai sejak minggu ketiga bulan februari setiap hari Jumat Siang Pukul 14.00. Aktifvitas Latihan ini merupakan sebuah program baru dari DISKRESI yang disebut dengan “LATEN”.  Dalam menunjang kegiatan perkuliahan praktik instrumen, komunitas Diskresi yang digawangi oleh sang  ketua Aditya Rahman dan ketua seksi LATEN Arif pada awal semester membuat sebuah program baru sebagai wadah ekspresi bagi mahasiswa departemen Sendratasik berupa aktivitas Latihan bermain instrument secara berkelompok.

DISKRESI LATEN merupakan singkatan sebuah program baru dari komunitas DISKRESI, LATEN adalah singkatan dari Latihan Persisten,  sebuah program Latihan rutin Bersama dalam bermain instrument music barat. pada semester ini kegiatan ini berfokus kepada Instrumen String saja, instrument yang dilatih adalah Violin, Viola, Cello dan Contrabass. Kegiatan ini hadir atas inisiasi dari mahasiswa Komunitas DISKRESI yang berada pada program studi Pendidikan Musik yang melihat minimnya kegiatan Latihan Bersama secara rutin. Sehingga dengan adanya kegiatan dapat memberikan ruang-ruang kreatif dalam mengembangkan skill dan wawasannya lebih dalam bidang praktik instrument dan ansambel music.

            Dalam meningkatkan kualitas dalam bermain instrument, dengan adanya dukungan dari koordinator Program studi Pendidikan Musik Irdhan Epria Dharmea Putra, M.Pd,  kegiatan DISKRESI LATEN ini juga  berupaya meningkatkan kualitas dengan mendatangkan narasumber dan tenaga ahli dari luar kampus, salah satunya adalah Sendi Oryzal, S.Sn, seorang pemain viola Profesional dan juga owner dari WESA Community sebuah grup string professional si Sumatera Barat. Dalam kesempatan ini Irdhan mengatakan bahwa kegiatan ini akan diberikan support dan  didukung kedepannya agar bisa berkembang lebih baik lagi, karena kegiatan sangat positif bagi perkembangan Mahasiswa Pendidikan Musi

DISKRESI yang dahulunya merupakan wadah diskusi, Sekarang telah mencoba mengembangkan program-programnya kearah yang inovatif. Dalam hal ini, dalam merancang kegiatan ini lebih baik kedepannya,  Agung Dwi Putra, M.Pd selaku dosen dan Penasehat Komunitas DISKRESI mengatakan kegiatan ini akan selalu dibenahi dalam hal pelaksanaannya, agar nilai-nilai integritas dan kebersamaan mahasiswa bisa lebih terserap dengan lebih baik lagi pada setiap pelaksanaannya.

Program DISKRESI Laten sudah berjalan  selama satu semester ini, dan untuk semester depan, ketua seksi dari LATEN Arif mengatakan akan mengadakan open recruitmen, karena melihat potensi dari mahasiswa-mahasiswa baru yang sangat potensial untuk dikembangkan. Dalam pertemuan terakhir ini tanggapan dari mahasiswa sangat positif, seorang mahasiswa semester 2 Rachel mengatakan skill bermain biolanya menjadi lebih meningkat , Latihan bermain biola menjadi lebih menyenangkan dan Rachel juga bisa mengenal senior-seniornya dalam ruang yang menyenangkan.

Komentar disini

You may also like...

Leave a Reply