Dosen dan Mahasiswa Pendidikan Musik FBS UNP jadi 5 Terbaik di Pekan Teater Remaja Taman Budaya Padang

Pada hari Sabtu tanggal 28 Agustus Festival Teater Remaja (FTR) Sumatera Barat (Alek Teater 6)  dengan tema “mementaskan kembali naskah drama Indonesia” telah rampung dilaksanakan dan menghasilkan 5 penampil  terbaik dari beberapa komunitas teater yang ada di Sumatera Barat. Salah Satu Dosen dan  Beberapa mahasiswa Pendidikan Musik memberikan kontribusi atas beberapa grup teater yang ada di kota Padang dan luar kota padang, ada bapak Robby Ferdian , dan Agit anriani pada Naskah Roh di Komunitas Payung Sumatera Dance Theatre, Nanda Setianing Kasih dan Jihan Chaniago pada Komunitas Balai Padang Panjang dan Teguh Kurniawan abdi, Yoga dan Owi pada Komunitas Seni Langit Padang. Dari 12 grup yang mengikuti grandfinal, ketiga komunitas yang didukung oleh mahasiswa prodi Pendidikan musik telah diumumkan menjadi 5 Terbaik oleh tim Juri yang bertugas.

Hasil rekapitulasi penilaian 3 orang dewan juri menghasilkan 5 Terbaik yang diraih oleh Payung Sumatera Dance Theater dengan naskah Roh, Teater Balai dengan naskah Orang orang setia, Komunitas Seni Kuflet dengan naskah bila malam bertambah malam, teater imam bonjol dengan naskah ayahku pulang, dan komunitas seni langit dengan naskah malam jahanam. Dari kelima grup tersebut ada 3 grup yang didukung oleh mahasiswa Pendidikan musik, para mahasiswa ini berperan sebagai penata musik, stage manager hingga penata musiknya.

Kegiatan FTR ini merupakan ajang penyaluran kreatifitas bagi mahasiswa Pendidikan musik dalam berkreasi untuk musik ilustrasi dan komposisi musik , mahassiswa yangmengikuti ajang ini sangat puas dengan hasil yang diraihnya, selain memberikan ruang dalam berkarya, mereka juga mendapatkan prestasi yang merupakan penghargaan atas jerih payahnya berproses dalam perkuliahan sebelumnya.

Salah satu mahasiswa yang mengikuti ajang tersebut Teguh Kurniawan abdi, mahasiswa Pendidikan musik mengatakan, berproses dengan komunitas yang ada diluar kampus merupakan kegiatan untuk menambah pengalaman dan mengasah kemampuannya dalam bermain musik. Dalam komunitas ini segala ilmu yang telah dipelajari dalam perkuliahan dipraktikkan dengan  kebih nyata untuk menambah pengalaman dan wawasannya. Dalam ajang ini sendiri selain sebagai pemusik ia juga berperan sebagai stage manager.

Salah stau yang berhasil menorehkan prestasi pada malam itu adalah agit anriani seorang mahasiwa program studi Pendidikan musik Angkatan 2021. Agit tampil sebagai pemusik dengan posisi sebagai vokalis untuk komunitas Payung  Sumater dance Theatre dengan naskah ROh karya Wisran HAdi, Agit sendiri sebagai mahasiswa baru mengatakan mendapatkan banyak pengalaman dalam bermain musik teater, agit yang sebelumnya dikenal sebagai penyanyi solo belum pernah merasakan bermain sebagai pemusik dalam  mengiringi pementasan teater, sehingga hal-hal baru banyak ditemuinya Ketika ajang tersebut.

Selain diikuti oleh mahasiswa Pendidikan musik, FTR ini juga diikuti oleh salah satu dosen Program Studi Pendidikan musik FBS UNP yaitu Robby Ferdian. Pada ajang ini beliau menjadi penata musik dari salah satu grup yang menjadi 5 terbaik yaitu Komunitas Payung Sumater Dance Theatre. Pada kesempatan tersebut beliau juga mengatakan sangat bangga dengan para mahasiswanya yang berprestasi di ajang tersebut., dan berharap pada ajang-ajang kreatif berikutnya para mahasiswa dapat berprestasi lebih baik lagi. (Irdhan Epria Darma Putra)

Komentar disini

You may also like...

Leave a Reply