“The Sound Of Nadawasa Concert” Kemeriahan “Ekspresi” dalam Pertunjukan Orkestra Oleh Mahasiswa Pendidikan Musik Tahun Masuk 2019

Padang  (30/5) “The Sound of Nadawasa Concert” telah sukses digelar dan berhasil memberikan sebuah hiburan yang tergolong baru bagi penonton yang hadir di teater Mursal Estein, penonton memadati seluruh area konser hingga banyak yang tidak mendapatkan tempat duduk. Meskipun begitu mereka tetap bersemangat untuk menyaksikan pertunjukan yang akan hadir.

Para penonton sudah mulai ramai berdatangan sejak pukul 18.30 WIB, dan mulai menempati bangku penonton dengan tertib. Sementara itu para Musisi yang merupakan mahasiswa Prodi Pendidikan Musik FBS UNP Tahun Masuk 2019 pun mulai bersiap dengan instrument masing-masing pada backstage.

Pada pukul 08.00 WIB. Kegiatan pergelaran pun dimulai dengan beberapa patah kata dari ketua panitia Aditya Rahman dan ketua departemen Sendratasik yaitu pak Dr. Syeilendra, S.Kar., M.Hum. pada sambutannya ini ketua panitia menyampaikan rasa terimakasih kepada pihak-pihak yang memberikan support dalam kegiatan ini. Sedangkan pak syeilendra menyampaikan dukungan dan apresiasi terhadap kegiatan pergelaran ini.

Setelah kegiatan resmi, kegiatan pergelaran pun dimulai , para pemain Orkestra mengisi panggung satu persatu dengan membawa instrumennya masing-masing. Setelah formasi orchestra lengkap berdiri dipanggung, konser dibuka dengan repertoar musik bertemakan rock yaitu  “Final Countdown” oleh sang vokalis Ridha Hamdani. Lagu ini sangat bersemangat sehingga membuat riuh penonton didalam ruang konser itu. Para musisi dan penonton sangat bersemangat sehingga setiap pergantian repertoar memberikan perubahan suasana tersendiri dan ruang konserpun terasa lebih hidup dengan beragam jenis repertoar yang ditampilkan. Kegiatan konser ditutup dengan sebuah repertoar yang Ceria yaitu “Ekspresi” dari titidj, Ketika repertoar terkahir tersaji, penonotn yang hadir pun memberikan sambutan yang meriah.

Dalam rangka mengimplementasikan program project based learning secara optimal, Mahasiswa tahun masuk  2019 Pendidikan Musik departemen  Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNP didampingi oleh dosennya telah merancang sebuah kegiatan pergelaran Musik selama proses pembelajaran satu semester, pergelaran ini merupakan hasil luaran dari perkuliahan praktik yang telah dilaksanakan selama satu semester dalam matakuliah ansambel. Dalam satu semester ini mahasiswa yang mengambil kelas matakuliah Ansambel diajarkan bagaimana bermain musik dalam sebuah kelompok, baik kelompok yang kecil (chamber) maupun kelompok yang besar (Orkestra).

Irdhan Epria Dharma Putra selaku dosen matakuliah menyampaikan bahwa pergelaran ini selain merupakan wadah ekspresi mahasiswa juga merupakan sebuah Pelepas dahaga bagi mahasiswa dan penonton yang hadir, kita tahu semenjak adanya pandemi COVID19, Program Studi Pendidikan Musik dengan patuh tidak pernah melaksanakan pergelaran maupun konser pada ruang kampus agar pandemi bisa  cepat berakhir dan meminimalisisr resiko tertular bagi mahasiswa.

Selain banyaknya dukungan dari internal departemen dan Fakultas, Mahasiswa Pendidikan Musik juga menjalin Kerjasama dengan pihak eksternal yang melibatkan beberapa mahasiswa dari kampus lain seperti dari ISI padangpanjang  sebagai pemain musik, dan juga Kerjasama dengan sebuah Creative Space-music studio di kota Padang yaitu 3AM, pada kesempatan ini 3AM meberikan support dalam hal Sound System, Dokumentasi Audio-Video dan lighting, bang Cimay selaku pimpinan dari 3Am menyampaikan dukungan dan antusiasnya terhadap repertoar-repertoar yang tersaji. Beliau mengatakan bahwa repertoar-repertoar yang ditampilkan sudah bisa dijual dan dapat ditampilkan pada panggung yang lebih besar baik secara live stage maupun virtual stage karena melihat tingkat kesiapan dari mahasiswa departemen Pendidikan Musik yang secara serius dalam mempersiapkan setiap aspek dalam pergelaran ini.

Komentar disini

You may also like...

Leave a Reply